Pendampingan Akreditasi Jurnal Selingkung UNIB

Keberadaan jurnal yang bereputasi bagi sebuah perguruan tinggi merupakan satu kebutuhan penting dalam mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi, sehingga pengelolaan jurnal yang berkualitas dan bereputasi menjadi faktor utama dalam pengembangan jurnal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan melalui peningkatan kapasitas pengelolaan jurnal yang benar untuk perolehan akreditrasi Sinta.

Kegiatan pendampingan akreditasi jurnal selingkung Universitas Bengkulu ini dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Publikasi (PPP) Universitas Bengkulu  secara luring bertempat di Aula LPPM Gedung C Universitas Bengkulu pada hari Kamis, tanggal (11/11/2021). Setidaknya ada 30 orang pengelola jurnal hadir dalam kegiatan ini, yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dan Pranta Laboratorium Pendidikan (PLP).

Kegiatan ini di awali dengan kata sambutan oleh Ketua PPP, Prof. Dr. Endang Sulistyowati, M.Sc. Ia mengatakan kegiatan ini akan terus dilakukan agar jurnal selingkung Unib dapat segera mendapatkan akreditasi. “Ini merupakan kegiatan tahap pertama dalam pendampingan akreditasi jurnal, pada tahap pertama ini kita akan mendampingi jurnal dari FKIP, FKIK dan PLP, selanjutnya pada tahap dua nanti akan diundang pengelola jurnal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas MIPA, dan Fakultas Pertanian. Dari data yang ada di PPP, dari banyaknya jurnal selingkung UNIB, baru ada 30% jurnal yang sudah terakreditasi sinta, baik sinta 5 hingga sinta 3” ujarnya.

Kegiatan ini juga dapat menjadi forum silahturahmi bagi pengelola jurnal selingkung UNIB diakhir tahun ini. Sehingga melalui kegiatan ini, kedepan para pengelola jurnal bisa bersinergi untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas publikasi di Universitas Bengkulu.

Pendampingan akreditasi jurnal ini dibuka langsung oleh Dr. Ir. Heri Suhartoyo, M.Sc selaku ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bengkulu. “LPPM berharap PPP ini dapat menjadi mercusuar UNIB dalam kegiatan pengembangan publikasi, sehingga kedepan PPP ini perlu ada penguatan kelembagaan dalam pengembangan publikasi, terutama dari pimpinan fakultas dan khususnya pengelola jurnal itu sendiri” katanya.

“Menjadi Pengelola jurnal hendaknya memiliki panggilan jiwa sehingga ada militansi dalam mengelola jurnal” imbuhnya. Beliau berharap, pengelola jurnal selingkung UNIB yang hadir pada kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas publikasi dalam mengelola jurnal agar dapat segera terakreditasi.

Sebagai pembicara dalam kegiatan ini yaitu Defliyanto, M.Pd dari pengelola Jurnal Kinestetik Prodi Pendidikan Jasmani yang telah memiliki Sinta 3 dan Nesna Agustriana, M.Pd. pengelola Jurnal Ilmiah Potensia dari prodi Pendidikan Guru PAUD yang juga telah memiliki Sinta 3. Dalam penyampaiannya, kedua pembicara menyampaikan bagaimana proses pelaksanaan akreditasi sinta, mulai dari tahap pertama seperti memiliki ISSN, maupun terindeks di Google Scholar dan Garuda. Baru kemudian pengajuan jurnal dapat dilakukan melalui laman Arjuna. (ps)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*

Team PPP Unib Siap Membantu.
WeCreativez WhatsApp Support
Panut Setiono
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Adhadi Kurniawan
Available