Sosialisasi Penggunaan Turnitin, Berharap ada Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah di Universitas Bengkulu

Pusat Pengembangan Publikasi (PPP) Universitas Bengkulu kembali mengadakan kegiatan untuk meningkatkan kualitas publikasi karya ilmiah selingkung Universitas Bengkulu. Kali ini kegiatan yang dilakukan yaitu sosialisasi penggunaan Turnitin Feedback Studio oleh Muhammad David Lung, seorang Profesional & Education Services Consultan dari Turnitin Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan melalui Zoom Meeting pada Senin (18/10).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus PPP dan calon instruktur dari seluruh fakultas selingkung Universitas Bengkulu. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Prof. Dr. Endang Sulistiyowati, M.Sc selaku ketua PPP Universitas Bengkulu. Dirinya berharap, melalui pelatihan ini calon instruktur yang telah ditunjuk oleh pimpinan fakultas masing-masing dapat bekerja maksimal menggunakan turnitin untuk mengecek plagiasi karya ilmiah mahasiswa juga dosen di fakultas masing-masing.

“Instruktur yang mengikuti kegiatan ini merupakan perwakilan dari fakultas, mengingat keterbatasan jumlah akun instruktur yang disediakan turnitin jika akun ini disediakan untuk seluruh jurusan yang ada di UNIB. Marilah kita belajar bersama, dan menyimak dengan seksama apa yang disampaikan oleh mas David nanti” paparnya.

Dalam bahan presentasinya, David (sapaan akrab Muhammad David Lung) menyampaikan bahwa turnitin feedback studio ini sangat cocok untuk diterapkan dalam melakukan upaya pencegahan plagiasi pada karya tulis mahasiswa dan dosen. Namun demikian, hasil uji plagiasi Turnitin hendaknya jangan dijadikan sebagai alat untuk menghakimi kesalahan karya seseorang. “Penggunaan turnitin hendaknya juga diiringi dengan kemampuan professional dari administrator dalam menilai plagiasi dari sebuah karya tulis dan memberikan balikan berupa saran dan komentar sebagai upaya untuk perbaikan naskah selanjutnya (personalized feedback)” tambahnya. (ps)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*

Team PPP Unib Siap Membantu.
WeCreativez WhatsApp Support
Panut Setiono
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Adhadi Kurniawan
Available